Tips Performa

Tips Tingkatkan Performa

Berikut ini adalah kumpulan tips otomotif dan cara meningkatkan performa sepeda motor kesayangan kamu...

Tips Mesin

Kumpulan Tips Perawatan Mesin

Berikut ini adalah kumpulan tips otomotif dan cara perawatan mesin sepeda motor kesayangan kamu...

Tips Kelistrikan

Tips Perawatan Komponen Kelistrikan

Berikut ini adalah kumpulan tips otomotif dan cara perawatan komponen kelistrikan sepeda motor kesayangan kamu...

Tips Kaki-kaki

Kumpulan Tips Perawatan Kaki-kaki

Berikut ini adalah Kumpulan Tips otomotif dan cara perawatan komponen kaki-kaki sepeda motor kesayangan kamu...

Inspirasi Dunia Otomotif

Tips dan Cara Setel Klep Mesin 4-tak Yang Benar

Tips dan Cara Setel Klep Mesin 4-tak Yang Benar ---Melakukan perawatan yang rutin pada sepeda motor kesayangan memang sangatlah penting terutama untuk menjaga keawetan serta kinerja dari mesin sepeda motor kesayangan kamu.
Tips dan Cara Setel Klep Mesin 4-tak Yang Benar
Dalam kesempatan kali ini MotorAlap akan mencoba berbagi informasi yang bisa membantu kamu dalam melakukan perawatan terhadap sepeda motor kesayangan yaitu Tips dan Cara Setel Klep Mesin 4-tak Yang Benar, berikut informasi lengkapnya untuk kamu.

Motor 4-tak dalam perawatan rutin perlu melakukan penyetelan klep. Tujuannya untuk mengembalikan kondisi kerenggangan celah katup kembali ke seperti standar. Sehingga diharapkan kinerja mesin akan kembali maksimal.

Ada yang perlu diperhatikan penyetelan klep. Langkah yang harus dilakukan sebelumnya yaitu seting piston pada posisi TMA (Titik Mati Atas). Tidak hanya itu, syarat yang lain yang perlu dilakukan adalah posisi katup dalam kondisi bebas, pelatuk tidak sedang menekan klep. Sehingga bisa disetel kerenggangannya.

Jangan lupa, posisi piston pada TMA atau kondisi dimana piston berada di puncak (TOP) ada dua kondisi. Yang pertama top kompresi, dimana top ini terjadi setelah akhir langkah isap. Yang kedua adalah top buang dimana posisi piston di atas setelah akhir langkah buang.

Nah, untuk melakukan penyetelan klep, posisi piston harus berada pada top kompresi. Untuk mencari posisi tersebut harus menyesuaikan tanda T yang ada pada magnet dengan tanda yang ada di blok, dan juga tanda yang ada pada timing gear dengan tanda yang ada pada kepala silinder.

Biasanya untuk mencari posisi tersebut kita harus melepas tutup timing gir keteng lebih dulu. Sehingga akan terlihat tanda yang ada pada timing gir. Tapi, untuk mempersingkat waktu dalam melakukan penyetelan katup, kita tidak perlu membuka tutup timing gir. Kita cukup membuka tutup baut magnet dan lubang pengintai tanda T yang ada di magnet saja.

Dengan cara melihat pergerakan katup, kita akan tahu posisi piston pada top kompresi atau top buang. Kembali pada penjelasan di atas bahwa top kompresi terjadi setelah langkah isap, berarti kita bisa tahu bahwa disitu terjadi gerakan pembukaan katup hisap. Caranya kita raba katup isap maupun buang dengan jari-jari kita. Sambil kita putar magnet menggunakan kunci T kearah depan kita rasakan katup mana pelatuk yang bergerak menekan.

Jika yang bergerak katup isap atau katup yang ada di atas, berarti akan ketemu tanda T pada lubang intip magnet. Tanda T yang terlihat dari lubang intip tersebut menunjukkan piston pada posisi top kompresi. Tapi, jika yang bergerak menekan katup buang berarti akan terjadi top buang. Jika tanda T yang ada di lubang intip sudah pas dengan tanda pada tutup magnet selanjutnya bisa melakukan penyetelan celah klep.

Demikianlah informasi mengenai Tips dan Cara Setel Klep Mesin 4-tak Yang Benar yang dapat MotorAlap sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi sumber inspirasi bagi kamu.


 
© Copyright 2012 Inspirasi Dunia Otomotif Template Modify by Dunia Fashion Pria | Powered by Blogger.com.