Tips Performa

Tips Tingkatkan Performa

Berikut ini adalah kumpulan tips otomotif dan cara meningkatkan performa sepeda motor kesayangan kamu...

Tips Mesin

Kumpulan Tips Perawatan Mesin

Berikut ini adalah kumpulan tips otomotif dan cara perawatan mesin sepeda motor kesayangan kamu...

Tips Kelistrikan

Tips Perawatan Komponen Kelistrikan

Berikut ini adalah kumpulan tips otomotif dan cara perawatan komponen kelistrikan sepeda motor kesayangan kamu...

Tips Kaki-kaki

Kumpulan Tips Perawatan Kaki-kaki

Berikut ini adalah Kumpulan Tips otomotif dan cara perawatan komponen kaki-kaki sepeda motor kesayangan kamu...

Inspirasi Dunia Otomotif

Cara Mengatasi Masalah Pada CVT Honda BeAT

Tips Mengatasi Masalah Pada CVT Honda BeAT ---Sepeda motor matik yang kurang perawatan memang sering menimbulkan masalah, salah satunya yaitu masalah pada bagian komponen CVT yang sering menimbulkan suara berdecit apabila ada terjadi kerusakan.
Cara Mengatasi Masalah Pada CVT Honda BeAT
Dalam kesempatan kali MotorAlap akan mencoba berbagi informasi tips dan cara menangani masalah pada CVT matik khusus untuk kamu pengguna Honda Beat, berikut informasi lengkapnya.

Mekanisme mesin skubek memang kompak. Itu karena skubek didukung CVT yang terdiri dari puli primer dan sekunder dengan kopling sentrifugal (otomatis). Saking kompaknya, skubek enggak butuh pemindah gigi. Ya, seperti Honda BeAT, suara mesin dan putarannya terbilang sangat halus mulai dari rpm bawah sampai atas.

Tapi, sehalus-halusnya CVT, kalau salah satu komponen bermasalah repot juga. Selain timbul suara berisik, tunggangan seperti tersendat mulai mesin dihidupkan hingga grip gas dibuka untuk jalankan motor matik.

Biasanya belt di puli mulai kotor, roller miring (peang), lubang alur di mangkuk puli skunder skunder agak terkikis atau mangkuk kampas kopling sentrifugal tiddak rata lagi. Makanya timbul suara aneh dan jalan skubek enggak normal.

Namun sumber semua masalah selain cara pakai yang kasar, juga tergantung dari cara pemilik merawat mesin. Apalagi komponen di CVT rawan debu, oli dan air. Ketika sudah tidak peduli lagi, komponen gampang rusak hingga timbul berisik atau jalan tersendat.

Cara paling sederhana jaga kondisi CVT agar tetap baik yaitu hindari 3 hal itu. Misal selalu bersihkan filter udara CVT setiap 3 bulan atau berbarengan saat servis berkala. Namun jika filter udara mulai berpori besar, tersumbat atau robek segera diganti dan tidak bisa ditawar.

Jika debu campur air masuk ke rumah CVT dan mengendap di belt atau roller, kedua komponen bukan cuma cepat terkikis tapi akan timbulkan suara mendecit. Parahnya lagi jalannya tunggangan tidak lencer lagi.

Persolan juga bisa dari cara pakai dan perawatan. Apalagi kalau komponen CVT juga gunakanan pelumas khusus berupa gemuk (grease) tidak dilakukan penggatian secara berkala. Makanya disarankan untuk melakukan pelumasan rutin setiap satu tahun sekali.

Demikianlah informasi mengenai Tips dan cara Mengatasi Masalah Pada CVT Honda BeAT yang dapat MotorAlap sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi sumber inspirasi bagi kamu.


 
© Copyright 2012 Inspirasi Dunia Otomotif Template Modify by Dunia Fashion Pria | Powered by Blogger.com.